Malang (13/04/2019) – Dalam upaya menumbuhkan rasa peduli lingkungan, Seluruh pegawai Bea Cukai Malang telah melaksanakan penanaman mangrove di kawasan Clungup Mangrove Conservation (CMC) yang berada di wilayah Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang. Di dalam Kawasan ini, terdapat beberapa pantai yang salah satunya yaitu Pantai Clungup. Di Pantai Clungup inilah seluruh pegawai Bea Cukai Malang melakukan penanaman 100 mangrove. Dalam pelaksanaannya, Bea Cukai Malang bekerja sama dengan pihak dari pengelola CMC.

Seperti yang kita ketahui bersama, mangrove memiliki beberapa manfaat yang salah satunya yaitu mencegah intrusi air laut yaitu bergeraknya air laut ke akuifer air tawar yang dapat mengkontaminasi sumber air minum. Selain itu, mangrove merupakan tumbuhan penyerap karbon yang sangat baik sehingga udara lebih segar dan baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, mangrove merupakan tumbuhan yang sangat baik dalam memelihara lingkungan dan sangat penting untuk dilakukan konservasi. “Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan. Kalau kita sayang dengan lingkungan, maka lingkungan juga akan menyayangi kita,” ungkap Rudy Hery Kurniawan, Kepala Kantor Bea Cukai Malang.

Akses menuju Pantai Clungup hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki, sehingga seluruh peserta harus berjalan kaki dari tempat parkir kendaraan menuju Pantai Clungup dengan waktu tempuh kurang lebih 10-15 menit. Peserta terbagi menjadi 10 kelompok yang tiap anggotanya berjumlah 8-9 orang. Setiap kelompok dipandu oleh 1 orang pemandu dari Clungup Mangrove Conservation (CMC). Sesampainya di Pantai Clungup, peserta memasuki kawasan penanaman mangrove dengan medan yang sedikit berlumpur untuk melakukan penanaman mangrove. “Kegiatan ini juga sebagai bentuk internalisasi kepada para pegawai terkait filosofi Bea Cukai. Tidak hanya sekedar memetik buah, namun mulai dari menanam, kemudian merawat, dan dari sana kita tinggal menunggu buah yang akan muncul dengan sendirinya,” pungkas Rudy Hery Kurniawan, Kepala Kantor Bea Cukai Malang.


Kembali ke halaman sebelumnya