Kamis (28/03/2019) Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan, Bea Cukai Malang mengadakan workshop peningkatan layanan front office. Peserta workshop merupakan pegawai yang bertugas di front office, layanan informasi, layanan pengaduan, para pegawai CPNS, dan Petugas Keamanan Dalam (PKD) yang bertugas di front office, serta perwakilan dari Cleaning Service. Narasumber dari workshop ini adalah Kristian Agung Pramono selaku Plt. Kepala Subseksi Hanggar Pabean dan Cukai IV yang sebelumnya bertugas di layanan informasi dan memperoleh predikat officer of the year selama 2 tahun berturut-turut.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Rudy Hery Kurniawan selaku Kepala Kantor Bea Cukai Malang. Dalam sambutannya, Rudy mengingatkan kepada para peserta untuk bertindak proaktif dalam memberikan pelayanan, bukan responsif. Artinya, dalam memberikan pelayanan harus secara aktif, bukan pasif. Rudy juga mengingatkan kembali terkait alur pelayanan yang dimulai dari PKD yang berada di depan kantor hingga ke front office.

Usai sambutan dari Rudy, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Beni Sutono selaku Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai II. Dalam sambutannya, Beni menyampaikan dalam memberikan layanan harus menjadi pendengar yang baik. Di samping itu, Beni juga mengingatkan agar bersikap peduli, yang artinya apabila pegawai di front office ada yang berhalangan hendaknya ada yang menggantikan tanpa perlu diminta.

Setelah sambutan dari Beni, sambutan selanjutnya dari Esti Dyah Palupi selaku Kepala Subseksi Hanggar Pabean dan Cukai I. Dalam sambutannya, Esti mengingatkan terhadap segala permasalahan yang dialami oleh pengguna layanan untuk dapat segera ditindaklanjuti. “Jangan hanya melaporkan masalah yang ada kemudian diabaikan. Harus dimonitor laporannya, kalau belum ada tanggapan ditanyakan lagi, demikian seterusnya sampai dengan masalah selesai,” ujar Esti.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi dan motivasi terkait peningkatan layanan front office oleh Kristian Agung Pramono. Dalam paparannya, Kristian menceritakan terkait pengalamannya selama bertugas di front office. “Karakter pekerjaan saya sebelumnya hanya berkutat terkait administratif saat ditempatkan di Kantor Pusat DJBC, belum pernah berhubungan dengan pelayanan tatap muka dengan pengguna jasa secara langsung. Setelah saya dipercaya untuk bertugas di Kantor Bea Cukai Malang dan ditempatkan di front office, saya mencoba mempelajari tentang bagaimana memberikan pelayanan yang optimal dengan berorientasi terhadap kepuasan pengguna jasa. Tidak ada yang tidak bisa dilakukan, semua tergantung kepada diri kita sendiri, apakah kita mau berusaha atau tidak. Karena usaha kita tidak akan mengkhianati hasil kita nantinya,” tutur Krisitan.


Kembali ke halaman sebelumnya