Dalam program pelaksanaan study academic yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor Fakultas Ekonomi Islam selama sepekan, pada hari Kamis (14/03/2019) sesuai dengan jadwal mahasiswa UNIDA melakukan kunjungan ke Kantor Bea Cukai Malang. Kunjungan ini merupakan bentuk pembelajaran bagaimana prosedur pelaksanaan kebijakan di bidang ekspor, impor, maupun cukai.

Acara dimulai dengan sambutan dari Alfan selaku dosen pembimbing. Dalam sambutannya, Alfan menyampaikan maksud dan tujuan dari kunjungan tersebut. “Kami berharap dalam kunjungan kami ini, mahasiswa kami dapat lebih memahami kebijakan di bidang ekspor, impor, maupun cukai. Karena yang dipelajari di kuliah terkait ekspor dan impor tidak terlalu detail,” ungkap Alfan. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Rudy Hery Kurniawan selaku Kepala Kantor Bea Cukai Malang. Dalam sambutannya, Rudy menerangkan secara garis besar terkait instansi Bea Cukai, peran Bea Cukai, serta pengertian dari cukai.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan pengenalan instansi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai serta pengenalan Bea Cukai Malang oleh Kautsar selaku pelaksana pada Subseksi Layanan Informasi. Setelah itu dilanjutkan oleh Destian selaku pelaksana pada Subseksi Penyuluhan yang menyampaikan materi terkait pengertian dan ketentuan di bidang impor, ekspor, dan cukai. “Kami telah mengenalkan apa itu impor, ekspor, dan cukai hingga menjelaskan terkait pelaksanaan ketentuan di bidang impor, ekspor, dan cukai. Kami harap apa yang kami sampaikan tersebut dapat dipahami dan disampaikan kepada teman, kerabat, ataupun saudara dari para mahasiswa UNIDA agar pengetahuan yang telah kami sampaikan dapat menyebar luas ke masyarakat,” pungkas Rudy.


Kembali ke halaman sebelumnya