Selasa (25/09/2018) bertempat di Hotel Atria, Bea Cukai Malang memenuhi undangan Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Kementerian Perdagangan, untuk menjadi salah satu narasumber dalam acara “Bimbingan Teknis Kebijakan dan Fasilitasi Pelayanan Ekspor dan Impor”. Dengan membawa tema “Peran Bea Cukai Dalam Mekanisme Implementasi Regulasi Ekspor Impor”, Bea Cukai Malang yang diwakili oleh Raden Pandam P. H. selaku Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai I dan Widyatmoko selaku Kepala Subseksi Hanggar Pabean dan Cukai III membawakan 3 buah materi sekaligus. Materi yang dibawakan adalah ketentuan umum di bidang impor, ketentuan umum di bidang ekspor, dan fasilitas kepabeanan dan cukai. Acara ini dihadiri oleh pengusaha-pengusaha di Kota Malang yang dalam proses bisnisnya terdapat kegiatan ekspor dan/atau impor.

Acara tersebut dibuka dengan sambutan oleh Prihatin Wilujeng selaku Sekretaris Dinas Perdagangan Kota Malang. Dalam sambutan ini, dijelaskan bahwa Dinas Perdagangan Kota Malang mendukung dan mendorong pengusaha lokal untuk memasarkan produknya ke luar negeri sehingga produk dalam negeri dapat diakui di dunia internasional. Selain itu, dalam hal bahan baku yang sulit diperoleh di dalam negeri, perusahaan juga perlu melakukan impor untuk mendapakannya. Hal ini membuat pengusaha harus memahami ketentuan ekspor dan impor.

Pada sesi penyampaian materi, Widyatmoko, menjelaskan secara singkat terkait ketentuan di bidang ekspor dan impor. Setelah itu Beliau mengenalkan fasilitas di bidang kepabeanan dan cukai yang dapat memudahkan proses bisnis pengusaha. Raden Pandam juga menambahkan bahwa Bea Cukai Malang siap memberikan asistensi kepada perusahaan-perusahaan yang ingin menggunakan fasilitas kepabeanan dan cukai serta memberikan saran kepada perusahaan terkait fasilitas yang dapat mendukung perusahaan dengan melihat proses bisnis yang telah berjalan.

Kegiatan tersebut merupakan sinergi berkelanjutan antara Bea Cukai Malang dan Dinas Perdagangan Kota Malang untuk mendukung pengusaha-pengusaha di Kota Malang agar dapat memasarkan produknya ke luar negeri dan meningkatkan kualitas produknya sehingga perusahaan-perusahaan dalam negeri menjadi berkembang dan dapat bersaing di dunia internasional.


Kembali ke halaman sebelumnya