Selasa (04/12/2018) - Pemerintah Kota Batu mengadakan acara sosialisasi ketentuan cukai di Omah Koempoel, Kota Batu. Acara yang diselenggarakan dengan menggunakan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tersebut dihadiri oleh peserta dari pelaku ekonomi kreatif dan karang taruna di wilayah Kota Batu. Bea Cukai Malang yang diwakili oleh Surjaningsih selaku Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi menjadi narasumber dalam acara tersebut.

Acara dibuka pada pukul 09.00 WIB dengan sambutan dari Bapak Andhang Budiharsa selaku Kepala Bagian Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Batu. Dilanjutkan penyampaian materi yang disampaikan oleh Surjaningsih, mulai dari latar belakang cukai hingga pembahasan DBHCHT. “Salah satu peruntukan DBHCHT yaitu mendorong UKM di daerah-daerah agar lebih berkembang sehingga mampu memperkuat perekonomian daerah,” jelas Surjaningsih.

Beragam pertanyaan diajukan oleh peserta sosialisasi terkait materi yang disampaikan. Di antaranya memberikan saran terkait pemanfaatan DBHCHT. “Kelestarian budaya kami rasa juga perlu mendapat perhatian dari pemerintah terkait pemanfaatan DBHCHT, seperti sanggar menari, sanggar musik tradisional, dan sebagainya agar kelestarian budaya tetap terjaga,” ujar salah satu peserta.

Acara diakhiri pada pukul 12.30 WIB dengan ramah tamah. “Banyak dari pelaku ekonomi kreatif yang berperan penting terhadap negara, hanya saja kebanyakan dari mereka terkendala oleh pendanaan. Diharapkan dengan acara ini, menanggapi masukan dari para pelaku ekonomi kreatif di wilayah Kota Batu terkait pendanaan untuk mendorong usaha mereka, dapat menjadi perhatian dan pertimbangan,” pungkas Surjaningsih.


Kembali ke halaman sebelumnya