Kamis (10/01/2019) Selang dua hari setelah melakukan operasi rokok ilegal, Bea Cukai Malang kembali mengungkap peredaran barang kena cukai ilegal di wilayah Malang Raya. Sebanyak 100 karung berisi tembakau iris ilegal dengan total berat sekitar 3,5 ton ditemukan di dalam muatan truk yang sedang parkir di daerah Kelurahan Bumiayu, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Bermula dari patroli darat yang dilakukan oleh petugas Bea Cukai Malang di Kelurahan Bumiayu, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Di tengah pelaksanaan patroli, petugas mencium aroma tembakau iris dari truk berwarna biru yang sedang parkir di bahu jalan. Petugas berhenti untuk melakukan pemeriksaan terhadap truk tersebut. “Karena sopir truk tidak berada di tempat, kami menghubungi aparat penegak hukum di sana untuk menyaksikan pelaksanaan pemeriksaan”, ungkap salah satu petugas.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas, dalam truk tersebut ditemukan tembakau iris yang dibungkus di dalam 100 karung dengan berat perkarungnya sekitar 35 Kg. “Dari hasil pemeriksaan kami, pengangkutan tembakau iris tersebut tidak dilengkapi dengan dokumen pelindung cukai”, ungkap salah satu petugas.

“Total berat tembakau iris yang diamankan sekitar 3,5 ton Kg yang bila dikonversikan ke dalam batang sebanyak 3,5 juta batang dengan kerugian negara sekitar sebesar 35 juta rupiah”, pungkas Rudy Hery Kurniawan, Kepala Kantor Bea Cukai Malang.


Kembali ke halaman sebelumnya