Jumat (30/11/2018) Bea Cukai Malang berhasil mengungkap pengepakan rokok ilegal di salah satu rumah warga yang berada di wilayah Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang. Hampir setengah juta batang rokok ilegal jenis SKM berhasil diamankan oleh petugas. Beberapa pekerja tertangkap tangan sedang melakukan kegiatan pengepakan rokok ilegal jenis SKM ke dalam kemasan yang diduga untuk dijual.

Berawal dari informasi warga sekitar bahwa terdapat salah satu rumah yang diduga terdapat kegiatan pengepakan rokok ilegal. Dari informasi tersebut, pukul 09.00 WIB petugas bergerak menuju lokasi target untuk melancarkan operasi. Sesampainya di tempat, petugas meminta izin terhadap penghuni rumah untuk melakukan pemeriksaan. Dari hasil pemeriksaan, petugas mendapati sekitar 7 orang pekerja rumahan yang sedang melakukan pengepakan beserta barang bukti berupa rokok ilegal jenis SKM yang telah dikemas dengan merek “BATARA” isi 16 sebanyak 1.400 bungkus atau sekitar 22.400 batang dan yang masih belum dikemas sebanyak ±461.000 batang.

“Total ada 483,4 ribu batang rokok ilegal jenis SKM yang berhasil kami amankan. Sangat disayangkan pemilik rumah pada saat pemeriksaan tidak berada di tempat. Sampai saat ini kasus tersebut masih dalam proses penelitian lebih lanjut dan pengembangan penelitian perkara terhadap pemilik rumah,” ungkap Rudy H. K., Kepala Kantor Bea Cukai Malang.


Kembali ke halaman sebelumnya