Jumat (14/9/18), Bea Cukai Malang melakukan kunjungan ke SMKN 05 Malang dalam rangka acara Customs Goes to School (CGS). Kunjungan ini merupakan kunjungan ke-2 Bea Cukai Malang ke institusi pendidikan tersebut, dimana pada tahun sebelumnya juga telah dilakukan kunjungan dalam rangka kegiatan yang sama. Hal ini menunjukkan sinergi antara Bea Cukai Malang dengan organisasi masyarakat, khususnya sekolah-sekolah, dalam rangka penyebaran informasi terkait pengenalan instansi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dan ketentuan kepabeanan dan cukai kepada generasi muda.

Sekitar 100 orang peserta sosialisasi yang mayoritas merupakan siswa-siswi dari kelas XI dan XII dari jurusan Teknis Komputer dan Jaringan (TKJ), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), dan Multimedia (MM) memadati ruang aula SMKN 05 Malang mulai pukul 09.00 WIB, tempat diselenggarakannya kegiatan. Sebelum memulai penyampaian materi, masing-masing peserta sosialisasi diberikan selembar kertas HVS putih yang digunakan peserta untuk menggambarkan cita-cita mereka dalam bentuk visual. Beragam profesi yang diidamkan dilukiskan oleh para siswa melalui gambar-gambar yang unik. Setelah sesi menggambar selesai, 3 orang peserta disilahkan untuk maju ke depan dan menceritakan profesi yang mereka gambarkan di kertas sebagai cita-cita. Kegiatan ini merupakan kegiatan baru yang diterapkan di salah satu sesi kegiatan CGS untuk mengayomi para peserta untuk dapat menggambarkan secara jelas tujuan hidup dan memupuk keberanian para peserta dalam menyampaikan hal positif kepada orang lain.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang pengenalan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai secara keseluruhan. Sesi ini merupakan sesi yang dianggap paling menarik oleh para peserta karena mereka dapat mengetahui dan bertanya langsung terkait informasi Bea dan Cukai kepada petugas. Antusiasme terlihat dari banyaknya penanya pada sesi ini. Pertanyaan lebih banyak membahas tentang kegiatan Bea dan Cukai dalam hal pengawasan di wilayah Indonesia. Penyampaian materi diselingi dengan kegiatan ice breaking, dimana peserta dan petugas Bea Cukai Malang melakukan tarian untuk sekedar mencairkan suasana. Acara diakhiri dengan pengambilan video snapgram dan foto bersama untuk kebutuhan dokumentasi di media sosial.

Kegiatan CGS ini membuktikan bahwa Bea Cukai Malang merangkul semua kalangan dengan pendekatan berbeda, sesuai dengan peserta sosialisasi yang diberikan penyuluhan. Kegiatan ini juga dikemas dengan cara yang interaktif dan menarik sesuai dengan kondisi peserta yang masih muda dan kritis.


Kembali ke halaman sebelumnya