Kamis (04/04/2019) Masih dalam upaya pemberantasan barang kena cukai ilegal, Bea Cukai Malang telah melaksanakan kegiatan layanan informasi keliling di Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, yang terletak kurang lebih 15 kilometer dari Kantor Bea Cukai Malang. Kegiatan yang merupakan salah satu bentuk kampanye stop rokok ilegal ini dilakukan dengan berkeliling mengunjungi toko-toko yang berada di wilayah Kecamatan Karangploso untuk memberikan informasi terkait ciri-ciri rokok ilegal.

Kegiatan diawali dengan mengunjungiKantor Kecamatan setempat untuk meminta izin atas rencana pelaksanaan kegiatan layanan informasi keliling di wilayah Kecamatan Karangploso. Selepas dari Kantor Kecamatan, petugas mulai berkeliling untuk mencari toko-toko yang mejual rokok. “Sebanyak 17 toko telah kami kunjungi dan berikan informasi serta pemahaman mengenai rokok ilegal,” ungkap Chandra Dwi Nanta, Kepala Subseksi Penyuluhan. Dari 17 toko tersebut, salah satu toko kedapatan menjual rokok ilegal berupa rokok polos (tanpa pita cukai). “Barang bukti kami bawa ke kantor untuk dlakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh pihak Pengawasan,” kata Chandra.

Dalam kunjungannya ke setiap toko, petugas menghimbau untuk tidak menjual rokok ilegal. “Kepada para pemilik toko, kami beri penjelasan terkait bahaya yang ditimbulkan apabila rokok ilegal marak beredar, kemudian terkait pemanfaatan dari penerimaan cukai, seperti BPJS, Dana Bagi Hasil, Pembangunan, dan lain-lain sehingga masyarakat menyadari pentingnya peran dari pungutan cukai,” ungkap Chandra.

Tepat pukul 11.00 WIB, petugas mengakhiri kegiatan layanan informasi keliling dan kembali ke kantor. “Fokus kami tidak hanya daerah rawan peredaran barang kena cukai ilegal saja, kami juga mengunjungi daerah-daerah lainnya yang memang masih berada di dalam wilayah pengawasan Bea Cukai Malang untuk diberikan informasi serta pemahaman terkait rokok ilegal dengan harapan di seluruh wilayah Malang Raya ini bebas dari peredaran rokok ilegal maupun barang kena cukai lainnya yang melanggar ketentuan,” pungkas Rudy Hery Kurniawan, Kepala Kantor Bea Cukai Malang.


Kembali ke halaman sebelumnya