Jumat (01/03/2019) Bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat, Bea Cukai Malang telah melaksanakan sosialisasi terkait rokok ilegal di Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Acara yang diselenggarakan di Balai Desa Karangsuko tersebut dihadiri oleh beberapa perwakilan dari setiap RT. Materi yang disampaikan pada sosialisasi tersebut berupa ketentuan umum di bidang cukai dan pemanfaatan cukai untuk kesehatan, pembangunan, dan lain-lain. Di samping itu, petugas juga memberikan edukasi berupa praktik langsung identifikasi pita cukai.

Acara dimulai pada pukul 09.30 WIB dengan dibuka oleh Sambutan dari Kepala Desa Karangsuko, Rusman. Dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Surjaningsih yang sekaligus memperkenalkan para petugas. Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Subseksi Penyuluhan, Chandra Dwi Nanta. Setelah menyampaikan materi, Chandra melanjutkan dengan praktik identifikasi pita cukai. Seluruh peserta diberi kesempatan untuk mencoba mempraktikkan identifikasi pita cukai dengan menggunakan peralatan yang disediakan oleh petugas. Setelah itu, acara beralih ke tanya jawab terkait materi yang telah disampaikan. “Ada 3 pertanyaan yang diajukan oleh peserta, sisanya kami yang memberikan pertanyaan untuk menguji sampai mana pemahaman peserta terkait materi yang telah disampaikan,” ungkap Surjaningsih.

Acara berakhir sekitar pukul 11.10 WIB dengan ditutup oleh Surjaningsih. “Kami mengadakan sosialisasi di Desa ini karena baru-baru ini kami mendapati adanya pelanggaran ketentuan di bidang cukai di Desa ini. Dengan sosialisasi ini, kami harap seluruh masyarakat di Desa Karangsuko memahami ketentuan yang disampaikan dan tidak ada lagi pelanggaran di bidang cukai,” ungkap Surjaningsih. “Di tahun ini, kami programkan untuk bekerja sama dengan pemerintah setempat yang berada di daerah rawan peredaran rokok ilegal guna mengadakan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat di sana sebagai langkah preventif terhadap peredaran rokok ilegal,” pungkas Rudy Hery Kurniawan, Kepala Kantor Bea Cukai Malang.


Kembali ke halaman sebelumnya