Pada Rabu Malam (21/02) tepatnya pada pukul 23.00 WIB, Petugas Bea Cukai Malang kembali berhasil mengamankan barang ilegal berupa Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA). Kali ini lokasi penindakan di wilayah Kecamatan Sukun, Kota Malang. Dalam aksinya, Petugas Bea Cukai Malang berhasil menegah sebanyak 1.210 botol Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) ilegal dengan potensi kerugian negara sebesar Rp 37.422.000,- . Penindakan dilakukan oleh Petugas Bea Cukai Malang dikarenakan pemilik kios tidak memiliki ijin usaha di bidang cukai (NPPBKC) dan menjual minuman beralkohol tanpa dilekati pita cukai.

Berawal dari informasi masyarakat yang menyatakan keresahannya bahwa ada sebuah kios di wilayah Kecamatan Sukun yang menjual miras. Atas informasi tersebut Petugas Bea Cukai Malang melakukan pendalaman lebih lanjut di daerah yang dimaksud. Rabu Malam tepatnya pada pukul 22.00 WIB, Petugas Bea Cukai Malang mulai bergerak menuju lokasi yang diduga menjual Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) ilegal. Sesampainya di lokasi, Petugas Bea Cukai Malang menuju ke sebuah kios yang dimaksud dan langsung dilakukan pemeriksaan. Setelah dilakukan pemeriksaan, ditemukan di dalamnya beberapa dagangan botol Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) tanpa dilekati pita cukai serta didapati pemilik kios tidak memiliki ijin usaha di bidang cukai (NPPBKC).

Setelah pemilik kios dimintai keterangan, yang bersangkutan mengaku memiliki stok Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) ilegal di kediamannya yang berlokasi tidak jauh dari kiosnya. Petugas Bea Cukai Malang pun bergegas menuju kediamannya untuk dilakukan pemeriksaan. Alhasil didapatilah ribuan Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) ilegal. Atas temuan tersebut Petugas Bea Cukai kemudian membawa Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) ilegal beserta pemilik kios ke Kantor Bea Cukai Malang untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Kami tidak akan lengah dan akan selaku meningkatkan pengawasan terhadap peredaran barang ilegal di wilayah Malang Raya serta diharapkan seluruh masyarakat agar mendukung upaya kami dalam memberantas peredaran barang ilegal,” pungkas Rudy Hery Kurniawan, Kepala Kantor Bea Cukai malang.


Kembali ke halaman sebelumnya